Program Digital Leadership Bootcamp #2: Basic Coding



Seiring berkembangnya kemajuan teknologi, informasi, dan komunikasi di era digital, semakin banyak platform digital yang memudahkan segala aktivitas dan kegiatan sehari-hari. Hal tersebut menyebabkan kebutuhan tenaga kerja di bidang IT semakin tinggi, namun jumlah tenaga kerja di bidang IT yang ada di Indonesia belum terpenuhi.


Salah satu faktor penyebab kebutuhan tenaga kerja di bidang IT yang belum terpenuhi adalah banyak tenaga kerja IT di Indonesia yang dikirim ke luar negeri, dan adanya kesenjangan antara sistem pendidikan yang diajarkan di sekolah dengan kemampuan yang dibutuhkan saat bekerja. Selain itu masih banyak orang yang mengira untuk menjadi tenaga kerja IT, maka harus belajar ke luar negeri dan mengikuti sekolah berbayar. Padahal, saat ini materi coding untuk tenaga kerja IT juga tersedia secara online atau bisa dengan mengikuti coding bootcamp yang ada di Indonesia, seperti program yang diinisiasi oleh Klobility by DayaLima Family, digital leadership bootcamp #2. Program tersebut akan mengajak peserta untuk mempelajari tentang dasar pengetahuan dari dunia digital.


Salah satu program digital leadership bootcamp #2 yang akan dipelajari adalah basic coding. Basic coding merupakan kemampuan dasar pengolahan kode yang dibutuhkan oleh tenaga kerja di bidang IT untuk mengoperasikan dan membuat program di komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman. Basic coding tidak hanya untuk tenaga kerja di bidang IT, namun kemampuan tersebut bisa diasah dan dimiliki oleh para pemimpin dari berbagai organisasi di era digital agar menciptakan solusi dari berbagai permasalahan di era digital.


Coding merupakan rangkaian instruksi pada komputer agar dapat mengerjakan hal yang kita inginkan. Basic coding selain bermanfaat dalam membuat suatu platform, mempelajari basic coding juga sangat bermanfaat dalam melatih ketelitian, karena dalam basic coding, kita akan mengoperasi atau mengamati ratusan hingga ribuan kode yang terdapat dalam suatu program. Selain itu, basic coding juga melatih daya pikir, kita dilatih untuk melihat logika dalam membangun suatu algoritma.

Dalam menulis kode untuk basic coding, jangan sampai ada kesalahan dalam menulis kode di komputer. Karena jika terjadi kesalahan, program dalam komputer tersebut tidak dapat berjalan sesuai dengan pengembangan. (RYR)


Sumber:

1.https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20170728094848-185-230919/indonesia-darurat-tenaga-programmer

2. https://www.republika.co.id/berita/qovm59374/kebutuhan-programmer-makin-meningkat

3.https://www.domainesia.com/berita/belajar-coding-untuk-pemula/