Sayed Syahridhan, Human Capital Services Department Head MRT Jakarta

MRT Jakarta menjadi sorotan masyarakat Indonesia, terutama Jakarta. Selain sebagai moda transportasi terbaru, MRT Jakarta juga memiliki pelayanan yang positif. Tidak hanya untuk penumpang nondisabilitas, MRT Jakarta memiliki fasilitas yang mendukung aksesibilitas untuk individu berkebutuhan khusus, seperti penyandang disabilitas. Klobility berbincang dengan Sayed Syahridhan, Human Capital Services Department Head MRT Jakarta.


Sebagai moda transportasi yang ramah disabilitas, apa saja yang dipersiapkan MRT Jakarta untuk memastikan pelayanannya terus lebih baik?

Sumber Daya Manusia sudah dibekali pengetahuan dan pelatihan dari expertise (trainer khusus). Pelatihannya pun beragam, seperti bahasa isyarat, etika melayani penumpang disabilitas, tata cara memfasilitasi penumpang berkebutuhan khusus, seperti pengguna kursi roda. Kami juga mengadakan pin prioritas untuk ibu hamil sehingga lebih mudah mendapatkan tempat duduk dan lift. Bentuk pinnya bisa dilihat di sini. Kami juga telah menyediakan fasilitas drop off area untuk disabilitas. Tentunya kami ingin terus maju. Kami ingin menyediakan guiding tactile sebagai fasilitas penumpang netra, huruf braille di mesin tiket otomatis dan mesin isi ulang.


Apakah MRT Jakarta juga sudah mempekerjakan penyandang disabilitas?

MRT Jakarta adalah perusahaan yang taat Good Corporate Governance. Tentu saja kami juga berencana mengajak disabilitas untuk turut mengembangkan MRT menjadi lebih baik dengan bergabung bersama keluarga besar MRT. Amanat undang-undang menjadi hal yang wajib untuk dijalankan, walaupun secara bertahap. Inisiasi dari pihak manajemen sudah ada. Langkah awal adalah bekerja sama dengan Klobility untuk dapat merekrut teman-teman disabilitas. Saya pikir