Sejarah Hari Down Syndrome Sedunia



Pada tanggal 21 Maret, setiap tahun dunia memperingati hari down syndrome sedunia atau yang dikenal dengan World Down Syndrome Day. Tahukah Teman Inklusi kenapa tanggal 21 Maret di peringati sebagai hari down syndrome sedunia?

Dilansir dari worlddownsyndromeday.org, peringatan tentang hari down syndrome sedunia ditetapkan oleh United Nations atau PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) sejak tahun 2012 melalui sidang umum PBB tanggal 19 Desember 2011. Selain itu, organisasi kesehatan dunia atau WHO (World Health Organization) pada tanggal 20 Desember 2007, juga menyatakan peringatan hari down syndrome sedunia jatuh pada tanggal 21 Maret.


Tujuan dari peringatan hari down syndrome sedunia tersebut adalah untuk mengajak masyarakat, organisasi atau perusahaan-perusahaan dari negara di seluruh dunia, agar mempromosikan dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang down syndrome. Selain itu, memberikan kesempatan yang sama dengan individu yang mengalami down syndrome. Beberapa kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat dari seluruh dunia misalnya, mengadakan demonstrasi, pertemuan ilmiah, kegiatan sosial dan medis, dan bertukar wawasan dengan masyarakat tentang down syndrome.


Tanggal 21 di bulan ke-3 (Maret) berasal dari 3 copy kromosom ke-21 yang disebutkan dengan keunikan triplikasi (trisomi) 21 yang menjadi penyebab individu menjadi down syndrome. Down Syndrome adalah suatu kondisi dimana seseorang memiliki kromosom ekstra. Kromosom merupakan bagian dari gen yang menentukan pembentukan dan fungsi tubuh bayi selama masa kehamilan dan setelah lahir. Seseorang yang mengalami down syndrome disebabkan oleh kelebihan kromosom.


Secara umum, hanya ada dua kromosom ke-21, sementara seseorang yang mengalami down syndrome memiliki tiga kromosom ke-21.

Teman Inklusi bisa membaca lebih lengkap tentang down syndrome dan mitos atau fakta individu yang mengalami down syndrome di artikel sebelumnya atau klik langsung https://www.klobility.id/post/tentang-down-syndrome (RYR)

Sumber:

1. https://www.worlddownsyndromeday.org/about-wdsd

</