Selamat Hari Perempuan Internasional 2021




Pada tanggal 8 Maret, setiap tahun dunia memperingati Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day. Dilansir dari internationalwomenday.com, tema Hari Perempuan Internasional tahun 2021 adalah #ChooseToChallenge. Tema tersebut berhubungan dengan tantangan yang sedang dihadapi oleh dunia pada saat ini yaitu pandemi Covid-19 Coronavirus disease 2019.


Hari Perempuan Internasional pertama kali dirayakan oleh Partai Sosialis Amerika Serikat pada tanggal 28 Februari 1909 di New York. Namun, pada tahun 1977 perayaan Hari Perempuan Internasional mulai diresmikan oleh United Nations atau PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) untuk memperjuangkan kesetaraan hak perempuan dan mewujudkan perdamaian dunia.


Dilansir dari laman resmi UNWomen.org, tema International Women’s Day adalah “Women in leadership: Achieving an equal future in a Covid-19 world” atau “Perempuan dalam Kepemimpinan: Mencapai Masa Depan yang Setara di Dunia Covid-19”. Tema tersebut merupakan perayaan atas upaya luar biasa perempuan dan anak perempuan di seluruh dunia dalam membentuk masa depan dan pemulihan yang lebih setara semasa pandemi Covid-19.


Partisipasi dan kepemimpinan perempuan di segala bidang kehidupan masih belum merata, sepertik politik, sains, hingga tempat kerja. Data UN Women menunjukkan bahwa tidak banyak perempuan yang menduduki posisi tinggi di pemerintah maupun tempat kerja. Berdasarkan data hingga Oktober 2019, hanya ada 10 kepala negara dan 13 kepala pemerintahan perempuan di 22 negara. Kurangnya representasi perempuan ini lah yang menjadi dorongan Persatuan Bangsa-bangsa (United Nations) untuk memperingati Hari Perempuan Internasional setiap tanggal 8 Maret.


Daya Dimensi Indonesia sebagai bagian dari keluarga Klobility di DayaLima bangga menjadi salah satu pionir di Indonesia yang mendukung UN Women's Empowerment Principles. UN WEP adalah inisiatif UN Women dan UN Global Compact untuk mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di tempat kerja, pasar, dan komunitas. Di Indonesia baru ada 46 perusahaan yang menandatangani UN WEP. Melalui program inovatif bertaraf dunia dan disesuaikan dengan kebutuhan perempuan Indonesia, kami berkomitmen untuk mengembangkan kapasitas perempuan sebagai pemimpin dan mendorong kesetaraan gender di perusahaan-perusahaan di Indonesia. Beberapa program kami untuk women leaders adalah:

· Women’s Leadership Summit (2017, sebuah women leaders’ retreat yg didesain bersama women master coaches di Bali)

· Lead Like a Girl (modul DDI yang dirancang oleh DDI World’s CEO; Tacy Byham, untuk meningkatkan kapasitas women leaders)

· Coaching (lebih dari 15 coach – mayoritas wanita, untuk membantu karir Anda)

· Mentoring (by RUMI – chaired by Ibu Shanti Poesposoetjipto)

· Well-being programs (Tension Release Exercise, Self-awareness workshop, etc)

· Dan masih banyak lagi


Sumber:

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Perempuan_Internasional

2. https://www.internationalwomensday.com/Theme

3. https://www.unwomen.org/en/news/in-focus/international-womens-day

4. https://www.unwomen.org/en/digital-library/multimedia/2020/2/infographic-visualizing-the-data-womens-representation