Sinopsis Film Inklusi Sejauh Kumelangkah



Pernahkah Teman Inklusi menonton film inklusi, Sejauh Kumelangkah? Film Sejauh Kumelangkah adalah film yang di sutradarai oleh Uci Agustin. Film tersebut menceritakan tentang 2 orang Disabilitas Netra, bernama Andrea C Darmawan dan Indri A Syalsabila. Mereka tinggal di dua negara yang berbeda yaitu Amerika Serikat dan Indonesia.

Andrea dan Syalsabila memiliki keterbatasan penglihatannya sejak lahir. Keduanya pertama kali bertemu di sebuah taman kanak-kanak untuk Disabilitas Netra. Ketika memasuki usia lima tahun, Andrea dan keluarganya pindah dari Jakarta ke Virginia, Amerika Serikat, untuk mengejar impian mereka yang lebih baik dengan keterbatasan penglihatan. Sementara Syalsabila menetap di Jakarta.

Meskipun terpisah dengan jarak yang sangat jauh, Andrea dan Salsabila tetap berkomunikasi dengan menjaga hubungan persahabatannya.

Pada tahun 2019, Film Sejauh Kumelangkah pernah mendapatkan nominasi Piala Citra. Film ini mengajarkan tentang mereka berdua lahir dengan keterbatasan penglihatan dan menjadikan dirinya agar lebih dewasa di dua tempat yang berbeda.

Selama menempuh pendidikan di Virginia, Amerika Serikat, Andrea sudah menyadari keluarganya sangat mendukung dan membantu untuk mendapatkan semua akses yang dibutuhkannya. Namun, Andrea menantang dirinya untuk menjalankan kehidupannya secara mandiri. Saat memasuki musim panas, ia pernah mengikuti program residensi kreatif yang mengajak komunitas Disabilitas Netra untuk mengembangkan kemampuannya agar dapat hidup mandiri.

Syalsabila yang usianya tujuh belas tahun menetap di Jakarta, ia tinggal di asrama sudah pisah dari orang tuanya untuk menempuh pendidikan inklusif. Pendidikan yang menerima siswa Disabilitas dan siswa Nondisabilitas. Meskipun di tempatnya belum banyak menerima Disabilitas Netra, Syalsa juga belajar bersama teman-teman Nondisabilitas. Impian Syalsabila adalah menjadi guru matematika untuk semua Disabilitas Netra. Meskipun memiliki banyak tantangan dengan aksesibilitas, Salsa tetap menjalankan kehidupannya secara mandiri.

Film Sejauh Kumelangkah pertama kalinya tayang di DMZ International Documentary Film Festival 2019. Kemudian, film ini juga tayang di Indonesia Film Forum New York 2019 dan Jogja Netpac Asian Film Festival 2019. Selain itu, film ini juga pernah mendapatkan penghargaan Piala Citra 2019 kategori film Dokumenter Pendek Terbaik. (RYR)

Sumber:

https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20201005104624-220-554376/sinopsis-sejauh-kumelangkah-kisah-sepasang-sahabat-tunanetra


KONTAK KAMI

KLOBILITY

Gedung Alamanda, Lantai 23 
Jalan TB. Simatupang, 
kav 23-24 - Jakarta 12430  Indonesia

T: +6221 - 29661919 

F: +6221 - 29661917

EMAIL

  • Twitter Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon