Steve Saylor, Sang Gamer Netra

Steve Saylor adalah seorang youtube gamer, pembawa acara radio, podcaster, desain grafis, profesor perguruan tinggi yang berbasis di Toronto Kanada. Steve Saylor lahir dengan kondisi mata yang dinamakan Nystagmus yaitu kondisi yang membuat mata Steve Saylor bisa bergerak sendiri namun sulit untuk fokus. Meskipun dengan keterbatasan penglihatannya, ia bisa hidup mandiri berkat dengan kacamata yang digunakannya. Banyak orang yang penasaran seberapa parah kondisi yang di alami oleh Steve Saylor, ia tidak bisa memberikan referensi gambaran yang pasti karena ia tidak memiliki bahan acuan untuk menunjukkan penglihatannya.


Pada tahun 2015, Steve Saylor mulai membuka kanal YouTube untuk menjadi seorang pemain game yang menyandang disabilitas netra "Blind Gamer". Dalam kanal youtube gamenya ia memadukan selera humor dengan hasratnya dengan kata-kata yang hiperbola dalam bermain video game, menunjukkan ekspresi yang lucu, dan membuat suara yang aneh. Ia memperlihatkan penonton di youtubenya untuk menghibur, mengedukasi dan mendidik tentang pengalamannya dalam bermain game.


Steve Saylor menggunakan video game untuk membangun aksesibilitas dalam game yang mendukung para penyandang disabilitas. Steve Saylor mencoba berbagai video game dan review fitur aksesibilitas visual. Beberapa game yang ia coba, seperti Gear Tactics, sudah aksesibel dengan adanya mode buta warna dan fitur “let the game read to me”. Namun, juga tidak sedikit game yang belum memenuhi aksesibilitas untuk netra. Contohnya adalah Doom Eternal, yang bisa dilihat di kanal YouTube-nya, Steve Saylor - Blind Gamer. Ia berharap para pengembang game akan menyediakan fitur aksesibilitas dari pengalaman bermainnya, agar fitur aksesibilitas di game bisa dinikmati dengan semua kalangan termasuk penyandang disabilitas.


Tahun 2017, Steve Saylor diundang ke acara konferensi Ubisoft untuk berbagi pengalamannya di dunia gaming. Steve adalah Blind Gamer top di Kanada, seiring berjalannya waktu ia dianggap sebagai pemimpin dengan pemikiran tentang aksesibilitas dalam game dan advokasi bagi pengembang video game untuk meningkatkan aksesibilitas video game ke depannya. Steve Saylor tidak merasa sendiri, ada puluhan juta penyandang disabilitas dunia ingin mengembangkan kemampuannya di ranah game, namun mereka terhalang dengan keterbatasan fitur/pengaturan yang belum mendukung sepenuhnya. (RYR/SKS)


Sumber:

https://mixer.com/BlindGamerSteve?vod=GO-J2dfyyUefOwALN_Gkog

https://www.vice.com/id_id/article/akzgwb/gamer-tunanetra-memperjuangkan-kesetaraan-akses-main-game?utm_source=viceidtw

https://sboesports.com/gamer-tunanetra-steve-saylor-dorong-gaming-untuk-disabilitas/

https://www.youtube.com/watch?v=y64-AeuYXLI&feature=youtu.be

https://www.youtube.com/watch?v=oRm9eN9W4Co&feature=youtu.be

Recent Posts

See All

Berbagai Bentuk Keberagaman

Pada bulan Agustus 2020 dalam rangka perayaan ulang tahun Republik Indonesia ke-75, Klobility mengangkat tema tentang Merangkul Keberagaman Demi Indonesia Maju. Tema ini di ambil dari tema besar yang

KONTAK KAMI

KLOBILITY

Gedung Alamanda, Lantai 23 
Jalan TB. Simatupang, 
kav 23-24 - Jakarta 12430  Indonesia

T: +6221 - 29661919 

F: +6221 - 29661917

EMAIL

  • Twitter Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon