Tips dan Trick Sukses ala Putri Ariani

Putri Ariani dengan nama lengkap Ariani Nisma Putri adalah seorang penyanyi Disabilitas Netra yang sukses dalam berkarir. Meskipun dengan keterbatasan penglihatan, perempuan cantik dengan suara yang merdu dan khas itu tidak menjadikan keterbatasannya sebagai penghalang untuk sukses. Bagaimana Putri bisa sukses dengan bakatnya dalam bernyanyi?



1. Mengenali diri

Tips dan tricks sukses ala Putri Ariani, pertama adalah mengenali diri. Mengenali diri merupakan proses pengenalan dalam diri kita sendiri, bagaimana kita mengetahui siapa diri kita sebenarnya. Putri Ariani sebagai seorang perempuan Disabilitas Netra sejak kecil, ia sudah mengenal dirinya di depan banyak orang dalam panggung ketika ia bernyanyi. Awalnya Putri merasa takut di depan orang, meskipun dengan keterbatasan penglihatan, perempuan yang memiliki segudang prestasi itu mendapat tepukan tangan dari penonton.


2. Mencintai dan kembangkan bakat

Bakat merupakan potensi yang dimiliki oleh individu dalam berkarir. Bakat tidak hanya dimiliki oleh individu sejak lahir, namun bakat bisa diciptakan dan dikembangkan sendiri. Peran orang tua dan lingkungan keluarga sangat penting dalam membantu individu untuk menemukan dan mengembangkan bakat anaknya. Seperti, Putri Ariani, ia memiliki bakat dalam bernyanyi ketika berusia 2 tahun. Sejak saat itu, ia mendapat dorongan dan dukungan dari orang tuanya ketika ia menekuni bakat di dunia musik dan seni. Selama mencintai dan mengembangkan bakat dalam bernyanyi, nama Putri Ariani semakin sukses dan terkenal setelah ia menjadi pemenang dalam ajang pencarian bakat, Indonesia’s Got Talent tahun 2014. Selama sekolah, Putri tetap produktif dalam mengembangkan bakatnya, ia sukses menciptakan album dari karyanya sendiri.


3. Memotivasi diri

Tips dan tricks sukses ala Putri selanjutnya dalah memotivasi diri. Ketika kita sedang berusaha

untuk menjadi sukses, kita pasti menemukan tantangan dan merasa bosan dengan usaha yang

sedang kita jalankan. Salah satu cara yang tepat untuk menghadapi tantangan tersebut adalah

memotivasi diri. Memotivasi diri merupakan bagaimana kita bisa menghargai, menerima

pengorbanan yang sudah dilakukan dan apa yang akan dilakukan ke depannya. Dengan

memotivasi diri, individu akan tetap mengembangkan diri ke arah yang lebih baik untuk

menunju puncak kesuksesan.


4. Tetap percaya diri

Tips dan tricks sukses ala Putri Ariani adalah tetap percaya diri. Percaya diri akan membentuk karakteristik individu untuk berani mengembangkan diri dalam berkarya. Ketika terjun di dunia musik, Putri Ariani pernah merasa takut di depan panggung untuk bernyanyi. Namun banyak penonton yang memberi tepuk tangan sebagai bentuk apresiasi setelah melihat penampilan Putri yang luar biasa. Berkat tepukan penonton dan dukungan orang disekitarnya, Putri Ariani mulai percaya diri dalam membangun karakteristiknya hingga ia sudah memiliki segudang prestasi dan menciptakan karya sendiri. Dikutip dari kegiatan “Disabilitas Muda untuk Indonesia Inklusi”, 24 Oktober 2020 Putri Ariani mengatakan kalau kita ingin melakukan sesuatu jangan pernah merasa ragu, kita harus yakin dan percaya diri terhadap apa yang kita lakukan dan tetap menikmati prosesnya.


5. Berpikir kreatif

Tips dan tricks sukses terakhir ala Putri Ariani adalah berpikir kreatif. Berpikir kreatif merupakan kemampuan yang dimiliki oleh individu untuk berpikir secara terus menerus agar menghasilkan sesuatu yang kreatif. Putri Ariani tidak hanya menjadi penyanyi solo Disabilitas Netra, ia terus menggali bakatnya di dunia musik, seni, dan membaca novel untuk meningkatkan kemampuan literasinya. Dalam kondisi apapun Putri tetap menikmati apa yang dilakukannya, ia tidak pernah merasa bosan dengan usaha yang sudah dilakukannya. Setiap hari Putri selalu bikin aransemen musik sendiri. Berkat dengan cara Putri yang berpikir kreatif, ia sukses menciptakan karya album dan membuat konten di sosial media atau youtube. (RYR)