Tips & Trick Sukses Ala Surya Sahetapy

Surya Sahetapy merupakan mahasiswa Tuli asal Indonesia yang sukses menyelesaikan pendidikan tinggi di Rochester Institute of Technology, Amerika Serikat dengan predikat Cum Laude. Dibalik kesuksesan Surya ada orang tua dan lingkungan sekitar yang mendukung Surya dalam mewujudkan mimpinya. Apa saja tips dan trick sukses ala Surya?




1. Berani bermimpi

Tips dan tricks pertama ala Surya Sahetapy untuk menjadi sukses adalah berani bermimpi. Setiap orang pasti memiliki mimpi agar bisa sukses, namun untuk meraih mimpi-mimpi tersebut kita harus berusaha dan selalu belajar. Seperti, Surya Sahetapy memiliki mimpi untuk menyelesaikan pendidikan di luar negeri. Surya memiliki pengalaman bagaimana sistem pendidikan di Indonesia memiliki perbedaan. Misalnya saja Surya pernah mengenyam pendidikan Sekolah Dasar (SD) khusus atau SLB (Sekolah Luar Biasa), kemudian Sekolah Menengah Pertama (SMP) di sekolah umum dan home schooling. Namun perbedaan sistem pendidikan tersebut bukanlah hambatan Surya. Ia tetap mewujudkan mimpinya untuk berkuliah di luar negeri. Bermodalkan tekad, ia mengambil jurusan bahasa Inggris di Universitas Sampoerna sebagai tahap awal untuk belajar Bahasa Inggris. Hingga sekarang lelaki yang lahir di Jakarta 23 Desember 1993, sukses menyelesaikan pendidikan di luar negeri dengan predikat Cum Laude di Rochester Institute of Technology, Amerika Serikat.


2. Terus Belajar Mengembangkan Diri

Tips dan tricks kedua sukses ala Surya adalah terus belajar mengembangkan diri. Jika ingin meraih sukses kita perlu mengembangkan wawasan diri untuk kebutuhan masa depan kita. Sudahkah Teman Inklusi belajar mengembangkan diri? Belajar mengembangkan diri itu sangat penting untuk menambahkan keterampilan, wawasan, dan pengalaman dalam berkarir. Belajar mengembangkan diri itu tidak hanya di sekolah maupun lingkungan keluarga. Namun dapat juga dilakukan di organisasi atau komunitas yang memiliki dampak positif, juga bisa sebagai wadah untuk mengembangkan diri. Sejak aktif mengikuti organisasi Tuli dan Disabilitas di Jakarta, Surya banyak belajar tentang dunia Tuli termasuk belajar bahasa isyarat dengan teman-teman Tuli.Selain itu Surya juga melakukan penelitian bahasa isyarat Indonesia (BISINDO) bersama teman Tuli yang berpengalaman. Setelah aktif di organisasi, tahun 2014 Surya pernah mendapatkan undangan dari Ratu Inggris bersama delegasi Disabilitas dari berbagai seluruh dunia. Di sana ia membahas tentang bagaimana berinteraksi dengan pemerintah, menjelajahi Inggris, dan bertemu komunitas Tuli, guru Tuli, dan tempat penelitian bahasa isyarat. Dalam kutipan Surya Sahetapy di acara “Disabilitas Muda untuk Indonesia Inklusi”, 24 Oktober 2020, “Kita jangan cuma menunggu kesempatan datang. Kita harus berusaha mencari kesempatan”.


3. Pantang Menyerah

Tips dan tricks sukses dari Surya selanjutnya adalah pantang menyerah. Ketika mewujudkan mimpi kuliah di luar negeri, Surya pernah tidak di terima oleh kampus luar negeri yang menjadi pilihan utamanya, hal ini dibuktikan sebelum kuliah di Rochester Institute of Technology (RIT), Amerika Serikat, Surya ingin memilih kuliah di Universitas di Inggris, di sana ia mengambil jurusan Deaf Social Policy. Namun Surya tidak diterima di Inggris, dengan semangat pantang menyerah, Surya kembali memulai dari nol. Ia banyak belajar dari sebelumnya, konsep belajar Surya adalah membaca buku. Konsep belajar Surya yang baru, akhirnya membuahkan hasil dan Surya di terima di Rochester Institute of Technology, kampus inklusif di Amerika Serik



4. Sabar Menghadapi Tantangan

Tipssukses ke empat ala Surya adalah sabar dalam menghadapi tantangan. Setiap ingin mencapai kesuksesan kita pasti memiliki tantangan, namun tantangan bukanlah hambatan kita untuk mencapai kesuksesan. Jadikan tantangan tersebut sebagai kekuatan untuk mencapai kesuksesan itu. Surya Sahetapy sebagai Tuli dengan keterbatasan pendengaran, memiliki banyak tantangan dalam berkomunikasi dengan teman dengar. Tantangan aksesibilitas, dan tantangan diskriminasi pernah ia dapatkan. Putra dari pasangan Dewi Yul dan Ray Sahetapy tersebut tetap sabar dalam menghadapi tantangan. Misalnya tantangan berkomunikasi dengan teman dengar selama kuliah di Amerika Serikat, Surya tetap bisa mengandalkan bantuan juru bahasa isyarat dan komunikasi melalui tulisan.


5. Beradaptasi di lingkungan Baru

Tips sukses yang terakhir ala Surya adalah beradaptasi di lingkungan baru. Beradaptasi artinya menyesuaikan diri. Beradaptasi di lingkungan baru memang tidak mudah, namun butuh beberapa proses dan waktu agar terbiasa. Sehingga rasa nyaman terhadap lingkungan baru tersebut akan muncul. Surya sahetapy sebagai mahasiswa Tuli asal Indonesia yang merantau ke Amerika Serikat memiliki banyak pengalaman dalam beradaptasi. Untuk beradaptasi di lingkungan baru, Surya selalu memotivasi diri dan mendapat dukungan positif dari orangterdekatnya. Ia tidak merasa takut beradaptasi di Amerika Serikat, ia merasa nyaman karena ia memilih lingkungan dan tempat yang positif, seperti bertemu dengan Teman Tuli di Amerika Serikat yang berpengalaman, mentor Tuli, dan teman dengar. (RYR/NNK)

KONTAK KAMI

KLOBILITY

Gedung Alamanda, Lantai 23 
Jalan TB. Simatupang, 
kav 23-24 - Jakarta 12430  Indonesia

T: +6221 - 29661919 

F: +6221 - 29661917

EMAIL

  • Twitter Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon