Transportasi Ramah Disabilitas

Penyandang disabilitas sering kali mengalami hambatan mobilitas. Terlebih fasilitas transportasi publik belum ramah disabilitas. Adanya ketiga jasa transportasi mempermudah penyandang disabilitas beraktivitas sehari-hari.


GrabGerak

GrabGerak, layanan transportasi dari Grab yang ramah penyandang disabilitas (Sumber: Grab)

GrabGerak adalah kolaborasi antara Grab, layanan jasa transportasi online, bersama Rexona. GrabGerak merupakan bagian dari kampanye “Movement for Movement” yang bertujuan untuk mendukung mobilitas penyandang disabilitas. GrabGerak memiliki 118 armada GrabCar dengan mitra pengemudi yang terlatih dalam berinteraksi dengan penyandang disabilitas. Armada GrabGerak dilengkapi stiker khusus yang menunjukkan identitas GrabGerak. GrabGerak diluncurkan untuk mempermudah mobilitas dan akses penyandang disabilitas menjalankan aktivitas sehari-hari. GrabGerak dapat dipesan melalui aplikasi Grab dengan cara memilih GrabGerak di bawah kategori ‘Transportasi’ pada layar pemesanan.


Gerakan “Movement for Movement” juga mendukung Difa Bike, jasa transportasi ojek di Yogyakarta yang bertujuan membantu penyandang disabilitas, dengan melakukan penggalangan dana melalui Kitabisa.com. Selain itu, pengguna GrabGerak juga bisa melakukan donasi dengan membuat post terkait gerakan “Movement for Movement” dan GrabGerak dengan tag akun Instagram atau Twitter @grabid dan menggunakan tagar #GrabGerak. Grab akan mendonasikan sejumlah Rp1.000 untuk setiap satu post selama periode penggalangan dana. Donasi juga bisa dilakukan dengan menukarkan poin GrabRewards pada aplikasi Grab, di mana 250 poin setara dengan donasi sebesar Rp5000.


Difa Bike

Armada Difa Bike (Sumber: Detik)

Difa Bike, bagian dari Difa City Tour & Transport (www.difacitytour.com; @difacitytour), merupakan jasa transportasi ojek di Yogyakarta yang bertujuan membantu penyandang disabilitas. Triyono, pendiri Difa City Tour & Transport, adalah seorang penyandang disabilitas fisik. Ia mendirikan Difabike karena fasilitas transportasi di Yogyakarta belum aksesibel dan ramah disabilitas. Difa City Tour & Transport mengedepankan layanan untuk penyandang disabilitas, namun juga melayani pelanggan nondisabilitas. Pemesanan layanan Difa City Tour & Transport bisa dengan menghubungi hotline atau melalui aplikasi Difa Bike yang tersedia di Google Playstore. Difa City Tour & Transport melayani:


City tour

Layanan city tour melayani wisata keliling Kota Yogyakarta dengan harga terjangkau. Layanan ini ditujukan kepada wisatawan yang ingin melihat keindahan Kota Yogyakarta. Difa City Tour & Transport memiliki tiga jalur:

  1. Tugu – Malioboro – Kraton – Alun-alun Kidul – Puro Pakualam

  2. Pasar Seni Gabusan – Pantai Depok – Pantai Parangtritis

  3. Candi Prambanan

Transportasi

Layanan transportasi berupa ojek bernama Difa Bike melayani jasa antar dan jemput penyandang disabilitas maupun nondisabilitas.


Kargo

Layanan kargo pengiriman barang dalam kota dan provinsi.


Jasa angkut

Layanan jasa angkut membantu pelanggan ketika akan berpindah kos.


Pijat tuna netra

Difa City Tour & Transport juga melayani jasa pijat oleh penyandang disabilitas netra.


Blue Bird Lifecare Taxi


Armada Lifecare Taxi dari Blue Bird (Sumber: Blue Bird)

Lifecare Taxi merupakan kategori taksi baru di bawah Program CSR Bluebird Peduli. Blue Bird bekerja sama dengan PT Nissan Motor Indonesia untuk menyediakan armada Lifecare Taxi. Mobil yang digunakan adalah Nissan Serena yang dimodifikasi. Mobil MPV ini memiliki 7 tempat duduk dan diberikan fitur Power Slide Up Seat atau jok elektrik.


Power Slide Up Seat (jok elektrik ) yang mempermudah penumpang berkebutuhan khusus (Sumber: Blue Bird)

Fitur ini berfungsi untuk mendekat kursi kepada pelanggan berkebutuhan khusus, seperti pengguna kursi roda, lansia, dan wanita hamil, agar dapat naik dan turun kendaraan dengan mudah. Lifecare Taxi memiliki tarif yang sama dengan taksi Blue Bird regular dan dapat dipesan melalui aplikasi, call center Blue Bird, juga tersedia di beberapa rumah sakit terdaftar. (SKS)


Sumber:

https://www.grab.com/id/blog/grabgerak-gerakan-yang-mengantarkan-semangat-baru-untuk-meraih-aspirasimu/

http://www.difacitytour.com/

http://www.bluebirdgroup.com/id/life-care/

KONTAK KAMI

KLOBILITY

Gedung Alamanda, Lantai 23 
Jalan TB. Simatupang, 
kav 23-24 - Jakarta 12430  Indonesia

T: +6221 - 29661919 

F: +6221 - 29661917

EMAIL

  • Twitter Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • YouTube Social  Icon