Tren Pekerjaan di Era Digital: Hybrid Roles


Hybrid roles (pekerjaan ganda) merupakan tren pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan atau organisasi untuk tenaga kerjanya yang bisa mengerjakan banyak keterampilan dan peran. Tahukah Teman Inklusi hybrid roles juga mengubah tren bekerja perusahaan-perusahaan di era digital?


Berdasarkan laman dari The Confident Career, hybrid roles atau hybrid jobs merupakan sebuah profesi tenaga kerja yang memiliki keterampilan soft skill (keterampilan nonteknis) dan keterampilan hard skill (keterampilan teknis). Misalnya kemampuan menulis yang baik, memahami dan menggunakan SEO (Search Engine Optimization), kemampuan komunikasi, programmer, dan sebagainya. Pekerjaan hybrid roles merupakan salah satu yang paling cepat berkembang dan karir terbaik di pasar kerja saat ini.


Seiring berkembangnya kemajuan teknologi, informasi, dan komunikasi di era digital, hybrid roles telah mengubah dunia kerja yang profesional dan mengandalkan tenaga kerja yang unggul dalam kemampuan teknologi dan sosial. Misalnya di suatu perusahaan atau organisasi jika tenaga kerja tersebut bekerja sebagai administrasi, sekarang bisa menambahkan bekerja sebagai keuangan.


Berdasarkan data Burning Glass dari hampir 1 miliar lowongan kerja saat ini, 1 dari delapan lowongan kerja sekarang merupakan pekerjaan hybrid roles. Teknologi berperan penting dalam tren pekerjaan hybrid roles. Keterampilan yang dibutuhkan untuk hybrid roles menurut Burning Glass yaitu Big data and Analytics, Intersection of Design and Development, Sales and Customer Service, dan Emerging Digital Technologies.


Dilansir dari artikel glints.com beberapa posisi pekerjaan yang termasuk hybrid roles yaitu digital analyst, desainer grafis, jurnalis bisnis dan ekonomi, auditor. Untuk mendapatkan pekerjaan di hybrid roles, individu harus mampu belajar lebih cepat agar dapat mengembangkan kemampuan diri. Misalnya jika teman-teman adalah Disabilitas, bisa mengikuti kelas program pengembangan kemampuan diri Disabilitas di WhatsApp Group TIKO (Teman Inklusi Klobility), selengkapnya tentang TIKO https://www.klobility.id/post/yuk-kenali-tiko-teman-inklusi-klobility (RYR)


Sumber:

https://glints.com/id/lowongan/hybrid-jobs-skill-pekerja/#.YDTVr-gzY2w

https://www.theconfidentcareer.com/2020/09/what-are-hybrid-roles-and-how-to-get-one.html

https://www.burning-glass.com/research-project/hybrid-jobs/?mod=article_inline

https://medium.com/elevate-yo-self-by-elevation-academy/want-to-future-proof-your-career-build-up-your-hybrid-job-skills-e51c811dbfda