Trend Pekerjaan di Era Digital: Pekerjaan Digital dan Pekerjaan Nondigital


Tahukah Teman Inklusi? Selain pekerjaan hybrid roles, ada 2 jenis pekerjaan yang sedang tren di era digital. Pekerjaan digital dan pekerjaan nondigital. Pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan yang paling banyak di cari atau dibutuhkan oleh perusahaan/organisasi di era digital.


Pekerjaan digital adalah pekerjaan yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital saat ini, pekerjaan yang menggunakan komputer, laptop, atau perangkat-perangkat lainnya demi menungjang pekerjaan. Berdasarkan kelas pengembangan kemampuan diri Disabilitas dari TIKO (Teman Inklusi Klobility) bersama Kak Pandu, ada 4 contoh pekerjaan digital di tahun 2021 yaitu:


1. Digital Marketing atau Pemasaran Online

Digital Marketing adalah jenis pekerjaan digital yang dicari oleh perusahaan atau organisasi untuk memasarkan produk-produk dari perusahaan/organisasi. Digital marketing harus memiliki kemampuan menulis yang baik, menjelaskan produk dari perusahaan, mengenal google ads (iklan google), memahami cara mengelola konten media sosial, membangun citra sebuah produk, hingga membangun bisnis secara online.


2. Graphic Desainer (Desain Grafis)

Graphic Desainer (desain grafis) merupakan jenis pekerjaan digital yang membutuhkan kreativitas dan kemampuan dalam menggambar dengan menggunakan platform digital untuk menggambar. Seperti contoh platform digital untuk menggambar, Adobe Illustrator, photoshop, canva, dan lain sebagainya. Banyak perusahaan/organisasi membutuhkan pekerjaan graphic desainer karena perusahaan/organisasi ingin menjual produk yang membutuhkan visual yang menarik agar dilirik banyak orang.


3. Data Analyst (Analis Data)

Perusahaan atau organisasi banyak memiliki data yang harus dirapikan dan dikelola dengan baik. Pekerjaan yang merapikan data dan memberikan informasi tentang rencana yang harus dilakukan oleh perusahaan/organisasi merupakan pekerjaan data analyst. Dimana tugasnya adalah untuk menganalisi data informasi dari perusahaan dalam jumlah banyak.


4. Software Developer

Dunia digital Software Developer merupakan jenis pekerjaan digital yang paling banyak dibutuhkan oleh perusahaan/organisasi. Pekerjaan yang membangun atau menciptakan suatu produk. Pekerjaan tersebut biasanya menggunakan bahasa pemprogrammer yang baragam. Misalnya memiliki kemampuan lebih dalam tentang dunia internet, komputer, dan matematika.



Selanjutnya adalah pekerjaan nondigital (pekerjaan bukan digital) yang masih mengandalkan kemampuan manusia, dan belum tergantikan oleh teknologi digital saat ini. Beberapa contoh pekerjaan nondigital yang dibutuhkan oleh perusahaan di era digital.


1. Finance (Keuangan)

Finance (keuangan) adalah pekerjaan nondigital yang mengontrol operasi keuangan dalam perusahaan atau organisasi. Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam mengatur keuangan dengan baik. Misalnya termasuk, penggajian, transaksi, dan belanja perusahaan lainnya.


2. Human Resource (Sumber Daya Manusia)

Human Resource (HR) merupakan pekerjaan yang bergerak di bidang sumber daya manusia. Pekerjaan tersebut merupakan profesi yang sangat penting bagi perusahaan/organisasi, seperti semua kegiatan yang berhubungan dengan karyawan di perusahaan atau organisasi. Profesi seorang HR tersebut harus mampu mempertahankan karyawan di perusahaan dan keberlangsungan hidup perusahaan dengan baik.


Sumber:

1. https://www.pikiranrandom.com/pekerjaan-dunia-digital/

2. cekaja.com/info/pekerjaan-digital-marketing-dan-serba-serbinya-yang-perlu-diketahui

3. https://glints.com/id/lowongan/software-developer/#.YDcy8ugzY2w

4. https://hot.liputan6.com/read/3939000/6-pekerjaan-baru-di-era-digital-cocok-buat-milenial

5. https://inet.detik.com/fotoinet/d-4130566/10-pekerjaan-non-teknologi-yang-bergaji-miliaran/2

6. https://id.bitdegree.org/tutorial/analisis-data/