Nanik Indarti, Pendiri Unique Project

Pemberdayaan penyandang disabilitas tidak hanya di dunia kerja. Beberapa teman disabilitas juga bergerak di bidang seni. Salah satunya adalah Nanik Indarti. Ia mendirikan Unique Project, sebuah komunitas seni disabilitas yang berbasis di Yogyakarta. Mari mengenal Unique Project bersama Klobility!


Hai, Mbak Nanik! Bisa perkenalkan ke Teman Inklusi apa Unique Project itu?

Unique Project adalah komunitas seni teater tubuh mini yang merupakan kumpulan orang-orang bertubuh mini penyandang Achondroplasia dari berbagai kota di Indonesia. Komunitas ini mewadahi kreativitas seni bagi penyandang Achondroplasia untuk mengoptimalkan diri agar lebih berdaya. Yang terlibat di komunitas ini adalah teman-teman bertubuh mini yang memiliki beragam profesi, seperti dosen, guru, ibu rumah tangga, penari, pantomimer, staf gereja, seniman, dan mahasiswa.

Saya menamakan komunitas ini Unique Project karena saya pikir komunitas ini adalah orang-orang unik yang berkarya. Jadi, kami membuat proyek-proyek unik, tidak hanya pada manusianya tetapi juga cara ataupun metode yang kami lakukan unik, tidak biasa. Misalnya, ketika kami berlatih mempersiapkan sebuah pementasan, latihan kami LDR (long distance relationship), lewat video call untuk membaca dialog tokoh yang diperankan. Macam-macam cara kami menemukannya.


Menurut Mbak Nanik, apa yang membedakan keunikan Unique Project dengan komunitas seni lain?

Unique Project adalah komunitas yang mengangkat isu-isu disabilitas ke dalam bentuk karya seni. Ini wujud kami untuk melawan diskriminasi yang telah kami alami. Kami adalah komunitas seni di Indonesia yang melakukan konsolidasi terhadap orang-orang bertubuh mini lain. Kami mengajak untuk saling memberikan dukungan, saling menguatkan, dan meyakinkan diri bahwa tubuh mini tidak selalu menjadi produk eksploitasi industri. Jarang di Indonesia orang-orang bertubuh mini membicarakan dirinya, banyak potensi yang bisa digali.