#WFHappy ala Orang Tua dengan Anak Berkebutuhan Khusus


Masa jaga jarak saat ini tengah diberlakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19. Situasi saat ini mungkin menjadi sangat menantang bagi para orang tua. Selain tetap harus bekerja dari rumah (work from home), pada saat bersamaan, harus mendampingi putra/putrinya yang berkebutuhan khusus beraktivitas di rumah. Namun demikian, tidak berarti bahwa tantangan ini tak dapat dilalui dengan baik. Berikut adalah tips bagi para orang tua anak berkebutuhan khusus (ABK) agar tetap produktif bekerja selama masa jaga jarak.


PROTEKSI DIRI

Orang tua perlu melindungi diri dari hal-hal yang dapat mengganggu kesehatan fisik maupun yang mengacaukan emosi. Menjaga kekuatan fisik dapat dilakukan dengan memastikan asupan makanan bergizi seimbang, berolahraga, dan istirahat cukup. Pastikan stabilitas emosi selalu positif dengan mendapatkan informasi terkini dari sumber resmi. Juga perlu selektif dalam memilah pemberitaan agar pikiran kita tetap tenang. Ketenangan orang tua akan mempengaruhi ketenangan ABK kita.


PERTAHANKAN RUTINITAS

Pertahankan rutinitas dan disiplin dalam berkegiatan sebagaimana hari kerja normal dengan mengatur pekerjaan berdasarkan skala prioritas. Identifikasi kegiatan mana saja yang harus dilakukan sendiri dan mana yang dapat didelegasikan. Juga tetap berkoordinasi dengan rekan kerja. Penting diingat bahwa selain menjalankan tugas pekerjaan, kita juga harus mengalokasikan (bukan menyisakan) waktu untuk mendampingi ABK kita di rumah. Rutinitas dan disiplin juga berlaku untuk anak agar mereka tetap berkegiatan dengan baik. Anak juga berada pada moda belajar seperti di sekolah atau tempat terapi (bukan sedang masa berlibur). Saya menyarankan agar orang tua dan anak tetap berbusana rapi sebagaimana kegiatan normal sehari-hari di tempat kerja atau sekolah. Misalnya, dengan mengenakan seragam, selama jam kerja/sekolah.


SIAPKAN FASILITAS KERJA & BELAJAR

Siapakan fasilitas pendukung secara seksama agar orang tua dan anak dapat tetap fokus berkegiatan dengan nyaman. Pastikan ketersediaan sarana yang dibu