Yuk Kenali TIKO (Teman Inklusi Klobility)


Penggunaan platform digital percakapan di era digitalisasi telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Platform digital percakapan juga memudahkan segala aktivitas yang yang dilakukan oleh masyarakat di new planet dari berbagai aspek kehidupan.

Salah satu platfrom digital percakapan yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah WhatsApp. Berdasarkan data hasil survei APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) yang dirangkum dari 2019 hingga kuartal kedua tahun 2020, penggunaan internet di Indonesia mencapai 196 juta. Platform percakapan digital yang paling banyak saat itu adalah WhatsApp.

Sejak awal tahun 2021, Klobility telah memiliki platform digital baru untuk merangkul semua ragam Disabilitas, agar dapat mengembangkan kemampuan diri yaitu WhatsApp Group Disabilitas by Klobility. Berawal dari rendahnya partisipasi teman-teman Disabilitas dalam mengikuti sesi pengembangan diri yang diberikan oleh Klobility melalui Webinar Inklusi 2020. Akhirnya Klobility berinisiatif untuk merangkul semua ragam Disabilitas melalui platform digital WhatsApp Group dengan nama TIKO (Teman Inklusi Klobility).

TIKO (Teman Inklusi Klobility) adalah sebutan untuk platform WhatsApp Group Disabilitas yang dikelola oleh Klobility untuk mengembangkan kemampuan diri Disabilitas sehingga memiliki kesempatan yang sama di dunia kerja. Sebelum dibentuk TIKO, Klobility telah mengadakan survei pengembangan diri Disabilitas ke beberapa teman-teman Disabilitas dari semua ragam Disabilitas.

Berdasarkan hasil survei yang diisi oleh semua ragam Disabilitas, ada program pengembangan kemampuan diri yang paling banyak dibutuhkan oleh teman-teman Disabilitas yaitu program marketing, program komunikasi, program akuntasi/literasi keuangan, dan program public speaking.

WhatsApp Group TIKO (Teman Inklusi Klobility) memiliki beberapa fungsi. Pertama, sebagai tempat untuk berdiskusi terbuka antara Klobility dengan teman-teman Disabilitas yang mau mengembangkan kemampuan diri. Kedua, sebagai tempat untuk berbagi pengalaman yang inklusif, dan berkomunikasi dengan sesama disabilitas. Ketiga, sebagai tempat belajar untuk semua ragam Disabilitas sehingga memiliki kesempatan yang sama dalam berkarya dan bekerja.

Semoga dengan adanya WhatsApp Group TIKO (Teman Inklusi Klobility) mampu